Six Sigma adalah suatu alat manajemen baru yang digunakan untuk mengganti Total Quality Management ( TQM ) , sangat terfokus terhadap pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan. Memiliki tujuan untuk, menghilangkan cacat produksi, memangkas waktu pembuatan produk, dan mehilangkan biaya. Six sigma juga disebut sistem komprehensive - maksudnya adalah strategi, disiplin ilmu, dan alat - untuk mencapai dan mendukung kesuksesan bisnis. Six Sigma disebut strategi karena terfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan, disebut disiplin ilmu karena mengikuti model formal,yaitu DMAIC ( Define, Measure, Analyze, Improve, Control )dan alat karena digunakan bersamaan dengan yang lainnya, seperti Diagram Pareto(Pareto Chart) dan Histogram. Kesuksesan peningkatan kualitas dan kinerja bisnis, tergantung dari kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah. Kemampuan ini adalah hal fundamental dalam filosofi six sigma. (wikipedia)
Ada 6 komponen utama konsep six sigma ( the six sigma way : team fieldbook,peter pande dkk) :
1. Fokus pada pelanggan : pelanggan bukan hanya sekedar sebagai pembeli, tapi bisa juga berarti rekan kerja kita, team yang menerima hasil kerja kita.
2. Manajemen berdasarkan data dan fakta : bukan berdasarkan opini,atau argumen tanpa dasar
3. fokus pada proses,manajemen dan perbaikan : six sigma sangat tergantung kemampuan kita mengerti proses yang dipadu dengan manajemen yang bagus untuk melakukan perbaikan
4.Manajemen yang proaktif : peran pemimpin dan manajer sangat penting dalam mengarahkan keberhasilan dalam melakukan perubahan
5. Kolaborasi tanpa batas : kerjasam team yang bagus
6. selalu mengejar kesempurnaan
sebenarnya konsep dasar six sigma banyak sekali diambil dari Total Quality manajemen dan statistical process control, kedua konsep ini diawali oleh pemikiran shewhart,juran,derming,Crossby dan Ishikawa
Regards,
HERY PURNAMA
Ada 6 komponen utama konsep six sigma ( the six sigma way : team fieldbook,peter pande dkk) :
1. Fokus pada pelanggan : pelanggan bukan hanya sekedar sebagai pembeli, tapi bisa juga berarti rekan kerja kita, team yang menerima hasil kerja kita.
2. Manajemen berdasarkan data dan fakta : bukan berdasarkan opini,atau argumen tanpa dasar
3. fokus pada proses,manajemen dan perbaikan : six sigma sangat tergantung kemampuan kita mengerti proses yang dipadu dengan manajemen yang bagus untuk melakukan perbaikan
4.Manajemen yang proaktif : peran pemimpin dan manajer sangat penting dalam mengarahkan keberhasilan dalam melakukan perubahan
5. Kolaborasi tanpa batas : kerjasam team yang bagus
6. selalu mengejar kesempurnaan
sebenarnya konsep dasar six sigma banyak sekali diambil dari Total Quality manajemen dan statistical process control, kedua konsep ini diawali oleh pemikiran shewhart,juran,derming,Crossby dan Ishikawa
for inquiry six sigma trainer please call
Hery Purnama - 081-223344-506
Regards,
HERY PURNAMA
Certified Trainer
http://www.inhousetrainer.net Call/ SMS/WA : 081.223344.506 , BBM : 7DC633AA
Social Net :
Hometown : Bandung - Jawa Barat
Please consider your environmental responsibility. Before printing this e-mail message, ask yourself whether you really need a hard copy.
No comments:
Post a Comment